Senin, 19 November 2012

FILM THAILAND???



Dua tahun terakhir ini ditengah demam drama-drama impor dari Korea, dan bioskop yang ramai dengan film2 Hollywood dan horor esek2 Indonesia, belakangan marak bermunculan film2 genre comedy romance dengan wajah ketimuran, but not from Indonesia ! Yup, gonjang ganjing dunia perfilman Thailand kabarnya lagi gencar2nya memproduksi film berkualitas yang -katanya- siap bersaing dipasar Asia.

Saat ini Indonesia masyarakat sudah mulai teralihkan perhatiannya dengan film2 dari Thailand. Film2 ini ramai ditonton di bioskop dan banyak dicari, umumnya oleh remaja2 kaya gue getoodeh. Mungkin karena kehadirannya sebagai sesuatu yg segar, ditengah invasi bombastis drama2 dari Korea. Film2 Thailand yg lagi laku2nya saat ini rata2 bergenre comedy-romance. Sederet film seperti Little Comedian, Hello Stranger, The Love of Siam dan Suckseed, sukses menghipnotis penonton Indonesia, termasuk gueeeh hahaha :D


Fenomena Thailand Fever ini mungkin dimulai sejak pertengahan Februari 2011 lalu, waktu itu -asosiasi apalah namanya lupa lagi- semacam asosiasi importir film Hollywood mutusin buat menghentikan sementara suplai film Hollywood ke Indonesia. Katanya, mereka gak bisa nerima kebijakan pajak baru yang dibebankan ke pemerintah Indonesia kepada pihaknya sebagai importir, yaitu tiap film Hollywood yg masuk bakal kena Bea Masuk atas Hak Distribusi Nah loh? Kata mereka, pajak kayageto amat sangat memberatkan, dan akhirnya buat sementara diputusin buat stop dulu impor film dari Hollywood..

Naah dari situlah muncul fenomena menarik. Film yg selama ini krang mendapat perhatian mulai dilirik. Film2 semacam A Crazy Little Thing Called Love atau Little Comedian pun laris maniiis di bioskop Blitz Megaplex. Nah mungkin dari situlah fenomena Thailand Fever ini dimulai. Fillm2 Thailand mulai diperhitungkan dan mendapat tempat di hati masyarakat. Situs2 yang menyediakan download film Thailand mulai bermunculan, dan gerai2 dvd bajakan pun dijejali film2 Thaailand yang bisa sampe dibuat 8 in 1 dvd getoo. Sebombastis itukah film Thailand?

Penasaran tingkat dewa sama kesaksian mereka atas dahsyatnya film Thailand ini, dari seorang teman aku berhasil dapat satu film, judulnya Suckseed. Dan masya Allah banget ini film berhasil bikin gue jatuh cinta hahahaha :D Ternyata orang Thailand punya taste of humor yang quietly nice. Sepanjang film yg mengharu biru emosi, mulai dari ketawa ngakak guling2 sampe mewek2 pas di ending, ditambah soundtrack yang enak2 dikuping dan pemainnya yang aduhaaaai, ganteng ganteng ! Sebut aja Mario Maurer, Jirayu Laongmanee, Patchara Jirathiwat. Bening2 wow gimana gitu hahaha :D


Dan kabarnya film2 Thailand juga sukses sampe kedaratan China. Wow. Dan kabarnya di China sana bahkan banyak sekali fans aktor/aktris maupun penyanyi dan group band Thailand. Gak jarang mereka ngadain konser atau fan meeting disana. Gak bisa dibantah kalo ternyata Thaiand punya potensi yang gak main2 di perfilman nya. Yaaa meskipun menurut aku gak selamanya film2 nya baik. Film A Crazy Little Thing Called Love misalnya, kayaknya too-cliche-to-be-true banget deh, seorang itik buruk rupa yang akhirnya bersatu dengan pangeran tampan.  Tapi karena keklisean itulah mungkin penonton jadi lebih bisa meresapi betapa manisnya cinta pertama.

Yup, dibalik gonjang ganjing film Thailand mungkin sineas Indonesia bisa terinspirasi dan termotivasi buat bikin film2 berkualitas nantinya? Gak usah jauh2 deh mikirin fiilm yg 'mendidik' karena ukuran yg 'mendidik' itu mungkin terlalu gimana buat dijadikan film komersil, seenggaknya bermutu lah, menghibur dan pastinya gak membodohkan. Mau sampe kapan film kita buntu di horor jorok yang menurutku sih buang2 waktu penonton banget, tanpa ada manfaat yg bisa diambil.

0 nasehat:

Posting Komentar

Blogroll